Rasakan... Kita di lingkaran... "...Berdiri di lingkaran, melihat, mendengar, merasakan, membaca, menulis, mencoba berbagi..."

Selasa, 10 Maret 2015

(Coba-coba Menanam) BAYAM, TALAS/KELADI, DAUN KATUK

3/10/2015 08:33:00 AM Posted by Ady'S No comments
Bayam mudah ditemui pada pasar-pasar tradisional, dan untuk memasaknya juga tidak sulit. Menu bayam, biasanya di tumis dengan beberapa bahan lain seperti jagung yang tentu saja membuat tumis bayam bervariasi dan sekaligus mendapatkan manfaat jagung atau manfaat kacang panjang dalam satu masakan. Bayam merupakan bahan makanan yang padat nutrisi, itu yang menjadikannya tidak kalah dari sayuran lain seperti pada manfaat kangkung, manfaat kacang panjang atau pun manfaat wortel. Pada seikat terdapat kandungan kalori, zat besi, vitamin B, vitamin A, vitamin E, magnesium, kalium, asam folat, kalsium dan masih banyak nutrisi penting lainnya. (Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-bayam) 

Talas adalah akar sayur yang bisa dimakan dalam berbagai budaya di seluruh dunia dan memiliki sejarah yang kaya, dengan berbagai resep masakan yang menggunakannya. Daun dari tanaman talas juga digunakan sebagai sayuran. Manfaat umbi  talas selain mudah dicerna dan daunnya merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C. Di Indonesia sendiri, umbi talas banyak ditemui di daerah sekitaran puncak, bogor Jawa Barat di daerah tanah gembur yang beriklim sejuk. (Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-umbi-talas)


Daun katuk sudah banyak dikonsumsi secara luas di berbagai negara.  Nama lain daun katuk adalah sauropus androgynus merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di asia tenggara. Tumbuhan ini termasuk dalam suku menir-meniran (phyllantheae), dan masih berkerabat dengan tumbuhan menteng, buni, dan cermai. Tumbuhan ini juga termasuk dalam tibus phyllanteae dan subtibus flueggeinae. Daun katuk mengandung sejumlan manfaat sayur-sayuran yang baik untuk tubuh. (Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-daun-katuk)

Tidak ada faktor kesengajaan jika tatanan kebun kecil ini semrawut alias campur baur antara tanaman yang satu dengan tanaman yang lain. Jarak antar tanamanpun rapat pula. Bukan hanya 3 jenis tanaman seperti disebutkan pada judul di atas, tapi beberapa tanaman yang lain juga dipaksakan untuk bergaul dengan sesama tumbuhan. Hehehehehe... Nanti akan saya perlihatkan semua tanaman yang hidup berdampingan satu sama lain di kebun "super mini" ini.
Semuanya ditanam sesuka hati saja. Maksudnya, apa yang bisa diperoleh (bisa ditanam) dari dapur, atau benih yang tak sengaja tumbuh di tumpukan sampah di belakang rumah, ya ditanam.
Itulah, pada awalnya kebun "coba-coba" ini temanya adalah "asal rumput-rumput tidak terlalu bebas
berkeliaran"...

Menurut urutan penanamannya adalah batang-batang daun Katuk yang terlebih dahulu ditanam, menyusul bayam (yang sebelumnya disemai pada kaleng-kaleng bekas softdrink), kemudian datang umbi-umbi talas/keladi (pemberian tetangga). Hhmmm..., ramai...









0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Ady'S
Berdiri di lingkaran, melihat, mendengar, merasakan, membaca, menulis, mencoba berbagi...
Lihat profil lengkapku

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.