Rasakan... Kita di lingkaran... "...Berdiri di lingkaran, melihat, mendengar, merasakan, membaca, menulis, mencoba berbagi..."

Senin, 08 September 2008

Hikmah dan Manfaat Puasa

9/08/2008 03:53:00 PM Posted by Ady'S No comments
Shaum atau puasa yang disyariatkan dan difardhukan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya mempunyai hikmah dan manfaat yang banyak sekali. Diantaranya, puasa itu merupakan ibadah yang bisa digunakan seorang hamba untuk bertaqarrub kepada Allah dengan meninggalkan kesenangan-kesenangan dunianya. Seperti makan, minum dan menggauli istri dalam rangka untuk mendapatkan ridho Rabb-nya dan keberuntungan di kampong kemuliaan (akhirat).
Dengan puasa ini jelas bahwa seorang hamba akan lebih mementingkan kehendak Rabb-nya daripada kesenangan-kesenangan pribadi. Lebih cinta kampung akhirat daripada kehidupan dunia.
Hikmah puasa yang lain bahwa puasa adalah sarana untuk menghadapi derajat taqwa apabila seseorang melakukannya dengan sesungguhnya (sesuai dengan syarat). Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.” (QS Al Baqoroh : 183)
Orang berpuasa berarti diperintahkan untuk bertaqwa kepada Allah SWT, yakni dengan mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larngan-larangan-Nya. Inilah tujuan agung dari disyariatkannya puasa. Jadi bukan hanya sekadar melatih untuk meninggalkan makan, minum dan menggauli istri.
Apabila kita membaca ayat tersebut, maka tentulah kita mengetahui apa hikmah diwajibkannya puasa, yakni taqwa dan menghambakan diri kepada Allah SWT. Adapun taqwa adalah meninggalkan keharaman-keharaman. Kata taqwa ketika dimutlakkan maka mengandung makna mengerjakan perintah-perintah dan meninggalkan larangan-larangan.
Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang tidak bisa meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta, maka Allah tidak butuh terhadap amalan dia meninggalkan makanan dan minumannya.” (HR Al Bukhari No.1903)
Berdasarkan dalil ini, maka diperintahkan dengan kuat terhadap setiap orang yang berpuasa untuk mengerjakan segala kewajiban. Demikian juga menjauhi hal-hal yang diharamkan, baik berupa perkataan maupun perbuatan, maka tidak boleh mencela, ghibah (menggunjing orang lain), berdusta, mengadu domba antar mereka, menjual barang dagangan yang haram, mendengarkan apa saja yang haram untuk didengarkan, serta menjauhi segala bentuk keharaman lainnya.
Apabila seseorang m,engerjakan semuanya itu dalam satu bulan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah SWT, maka akan memudahkannya kelak untuk istiqomah di bulan-bulan tersisa lainnya dalam tahun tersebut.
Akan tetapi betapa sedihnya, kebanyakan orang yang berpuasa tidak membedakan antara hari puasanya dengan hari berbukanya. Mereka tetap menjalani kebiasaan yang biasa mereka lakukan, yakni meninggalkan kewajiban-kewajiban dan mengerjakan keharaman-keharaman, mereka tidak merasakan keagungan dan kehormatan puasa.
Perbuatan ini memang tidak membatalkan puasa tetapi mengurangi pahalanya. Bahkan, seringkali perbuatan-perbuatan tersebut merusak pahala puasa sehingga hilanglah pahalanya.
Hikmah puasa yang lainnya adalah seorang kaya akan mengetahui nilai nikmat Allah SWT dengan kekayaannya itu di mana Allah SWT telah memudahkan baginya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.
Seperti makan, minum dan menikah, serta apa saja yang dibolehkan oleh Allah SWT secara syar’i. Allah SWT telah memudahkan baginya untuk itu. Maka dengan begitu ia akan bersyukur kepada Rabb-nya atas karunia nikmat ini dan mengingat saudaranya yang miskin, yang ternyata tidak dimudahkan untuk mendapatkannya. Dengan begitu ia akan berderma kepadanya dalam bentuk shadaqah dan perbuatan yang baik lainnya.
Hikmah puasa juga melatih seseorang untuk menguasai dan berdisiplin dalam mengatur jiwanya untuk meraih kebahagiaan dan kebaikannya di dunia dan di akhirat serta menjauhi sifat kebinatangan.
Puasa juga mengandung berbagai macam manfaat kesehatan yang direalisasikan dengan mengurangi makan dan mengistirahatkan alat pencernaan pada waktu-waktu tertentu serta mengurangi kolesterol yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan membahayakan tubuh. Dan, masih banyak lagi, manfaat-manfaat serta hikmah-hikmah lainnya dari ibadah puasa.



(sumber : Tausiyah ustadz Jefri Al Bukhari yang dimuat di harian TP tgl. 2 Ramadhan 1429H/2 September 2008M)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Ady'S
Berdiri di lingkaran, melihat, mendengar, merasakan, membaca, menulis, mencoba berbagi...
Lihat profil lengkapku

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.