Rasakan... Kita di lingkaran... "...Berdiri di lingkaran, melihat, mendengar, merasakan, membaca, menulis, mencoba berbagi..."

Minggu, 26 Oktober 2008

“Jadilah Dermawan”

10/26/2008 06:03:00 AM Posted by Ady'S No comments


 

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. dijelaskan bahwa Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan. Sungguh Rasulullah saw. lebih dermawan dengan kebajikan dari angin yang diutus.

Puasa menyeru memberi makanan kepada orang yang sedang lapar, memberi si miskin dan menolong si fakir. Ramadhan adalah musim bersedekah dan peluang emas untuk orang yang memberi hartanya kepada orang lain.

Sebuah syair mengatakan : "Allah swt. telah memberimu, berikanlah sebagian pemberian-Nya kepada orang lain. Karena harta akan sirna dan umur pun akan pergi. Harta ibarat air, bila disumbat alirannya air akan kotor, dan bila dialirkan darinya akan mengalir air yang dingin dan segar."

Betapa indah memberi harta kepada orang lain, betapa baiknya shodaqoh itu. Setiap kali orang membelanjakan hartanya di jalan Allah swt., Allah swt. memberinya kesehatan tubuh, ketenangan hati dan keluasan rezeki. Dalam sebuah hadits shahih Rasulullah saw. bersabda : "Shodaqoh memadamkan panasnya dosa, sebagaimana air memadamkan api."

Dosa-dosa mempunyai daya panas dalam hati, bara dalam jiwa, dan api yang menyala dalam kehidupan. Tak ada yang dapat memadamkan panas dan bara ini kecuali shodaqoh.

Utsman bin Affan ra. adalah sahabat yang kaya. Dia menjadikan harta dan kekayaannya sebagai alat untuk mencari ridha Allah swt. Dia beri dana khusus untuk mempersiapkan tentara yang akan berangkat ke Tabuk, membeli sumur Roumah untuk kaum muslimin.

Wahai orang yang berpuasa, dengan memberikan sebagian harta kepada yang membutuhkan, sungguh anda telah meminjamkannya kepada Tuhanmu. Dan shodaqoh itu seluruhnya akan kembali kepada Anda, di hari di mana Anda menjadi fakir, membutuhkan, hari kritis, hari kefakiran dan kemiskinan, yaitu hari kiamat.

Wahai orang yang berpuasa, seteguk air putih, seteguk air susu, sebiji kurma, sedikit makanan, harta, pakaian dan buah-buahan yang Anda berikan kepada orang yang membutuhkan adalah jalan Anda menuju surga.

Wahai orang yang berpuasa, demi Allah tidak ada yang mampu menjaga seperti shodaqoh, tak ada yang kuasa mensucikan harta seperti shodaqoh. Banyak orang kaya meninggal dunia meninggalkan harta, simpanan, rumah dan istana yang hanya Allah yang mengetahui. Tetapi, semua berakhir menjadi rugi dan penyesalan karena mereka tidak mengarahkannya pada jalur yang benar.


 


 

(Tausiah Ustadz Jefri Al Bukhari,dikutip dari harian TP tgl. 9 September 2008M/9 Ramadhan 1429H)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Ady'S
Berdiri di lingkaran, melihat, mendengar, merasakan, membaca, menulis, mencoba berbagi...
Lihat profil lengkapku

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.